Freight Forwarding NVOCC

Freight Forwarding NVOCC

Suatu perusahaan yang memiliki container / boxes namun tidak memiliki kapal/armada, bergerak dalam jasa transportasi melalui laut dan udara.

Untuk ruang gerak kerjanya lebih luas Freight Forwarding dan NVOCC, mereka adalah bagian dari shipping line dalam melakukan kerjasama untuk export dan import, dalam hal ini untuk jasa transportasi perusahaan berjenis Freight Forwarding dapat membuka jenis jasa lain semisal EMKL, handling, Custom, jenis jasa yang tidak bisa dilakukan oleh Shipping Line.

Setiap shipping line memiliki container, yang mana setiap prefix dan nomor container harus didaftarkan untuk diketahui secara international. Dan setiap pelayaran atau perusahaan leasing container memiliki perfix yang berbeda, sebagai tanda atau inisial dari pelayaran atau perusahaan tersebut. Misalnya suatu perusahaan di suatu negara memiliki prefix PCIU bahwa kode prefix itu menandakan dari pelayaran siapa dan dari negara mana atau prefix berjenis PGAU itu bersifat dari jenis leasingnya saja atau pemilik container itu sendiri (shipping line) jadi semua container itu ada standarisasinya dan semua nya harus terdaftar dari prefix nya apa dan nomor nya berapa di negara masing masing.  Dan apabila di ketemukan suatu container yang tidak dilaporkan dan pada saat di input ke sistem modul pengangkut maka akan tertulis tidak terdaftar. Dan disini yang berhak mendaftarkan suatu container itu adalah pemilik Container tersebut (Shipping Line dan NVOCC).  Biasanya untuk NVOCC itu ada pihak leasing container nya yang akan memberikan ke pihak NVOCC  berjenis Freight Forwarding sebagai pendamping yang mempunyai jasa  ekspor atau impor yang di gunakan sebgai Rental container.

Kembali ke halaman OUR-SERVICE